CEGAH BAHAYA STUNTING, KODIM 0304/AGAM GELAR SOSIALISASI DI LOKASI TMMD KE 112


Agam - Jajaran Kodim 0304/Agam menggelar kegiatan penyuluhan pencegahan stunting bagi warga masyarakat yang berada di Jorong Siguhung, Nagari Lubuk basung, Kabupaten Agam, di gedung SMP Negeri 5, Kegiatan berdekatan dengan lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112.

"Sosialisasi dilakukan agar warga masyarakat memahami apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadi stunting di Jorong Siguhung," kata Bintara kesehatan satgas TMMD ke -112 Kodim Agam, Serma lbnu Suhada Rabu (13/10/2021).

Menurut dia, selain mencegah stunting sosialisasi yang dilakukan juga untuk pembinaan bagi kader posyandu yang merupakan bagian dari program TMMD ke-112.

"Penyuluhan merupakan program non fisik Tentara Manunggal Membangun Desa di Jorong Siguhung," katanya.

Melalui sosialisasi tersebut masyarakat diberikan pemahaman dan pengetahuan kesehatan, khususnya tentang pencegahan bahaya stunting pada anak, karena kesehatan paling awal adalah kesehatan dari keluarga.

Pasi ter Kodim 0304/Agam, Kapten Khairul Muhammad mengatakan, kegiatan penyuluhan kesehatan sangat penting bagi masyarakat karena masalah kesehatan anak-anak tidak bisa di anggap sepele.

"Masa depan keluarga juga ditentukan oleh bagaimana kita mempersiapkan anak-anak yang sehat sehingga memiliki pertumbuhan yang baik," ujarnya.

TNI kata dia, sangat konsisten dan memberikan perhatian terhadap pertumbuhan anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Setiap ada kegiatan selalu kita cek apakah ada anak yang menderita stunting sehingga dengan adanya Program TMMD ini selain mengerjakan sasaran fisik juga ada sasaran non fisik, di antaranya penyuluhan-penyuluhan yang bertujuan untuk membentuk pembangunan manusia," tuturnya.

Yulia rahma dona, SKM dari dinas kesehatan Kabupaten Agam, berterima kasih kepada TNI yang telah menghadirkan masyarakat untuk mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

"Melalui program TMMD ke-112 warga masyarakat di Jorong Siguhung sangat mendukung kegiatan posyandu dalam memutuskan angka stunting pada anak-anak balita di sini," ujarnya.

Dia berharap seluruh masyarakat dapat menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, mempunyai jamban, dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Dalam situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir di harapkan seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah di anjurkan oleh pemerintah," Ujar Yulia rahma dona, SKM.

Turut hadir dalam kegiatan Pasiter Dim Kapten lnf Khairul Muhammad, Serma lbnu suhada, dr Sindi, Yulia rahma dona, SKM, Asri rahmi oktavia, Wali Nagari Darma ira putra, S.E.,MM. Kepala Jorong Khadir dan lbu-lbu Jorong Siguhung.(**).