SATGAS TMMD 112 KEGIATAN NON FISIK MENGGELAR SOSIALISASI KESELAMATAN LALULINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

Agam - Satgas TMMD Reguler ke -112 Kodim 0304/Agam, Nagari Lubuk basung, Kabupaten Agam menggelar Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Bertempat di SMA N 1 Lubuk Basung Senin(27/9/2021).

Acara ini merupak an salah satu kegiatan non fisik dalam TMMD ke - 112 Kodim 0304/Agam yang diikuti Siswa dan Siswi SMA N 1 di Aula lantai dua gedung sekolah.

Turut hadir dalam kegiatan Kasat lantas Lubuk basung, lptu Apriman sural, S.H Kepala Sekolah SMA N 1 Drs Muhammad mustapa kamil, BPTD Biro lalu lkra Suranta, ST,M.M Provinsi Sumatera Barat, Era Oktaviadi, S.H Kabid Kepala Lalulintas dan keselamatan Provinsi Sumatera Barat, Babinsa Sertu hambali dan Siswa-siswi SMA N 1 Lubuk basung.

Kepala Seksi Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat Era Oktaviadi, S.H selaku narasumber menyampaikan materi tentang Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Disebutkan, salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusia (human error).

Sedangkan dari kelompok umur, laka lantas banyak terjadi pada kelompok usia produktif terutama pelajar. Oleh karena itu kegiatan ini digelar untuk menanamkan paham atas pentingnya keselamatan lalu lintas.

Disebutkan, pemahaman terhadap rambu rambu lalu lintas sebenarnya cukup mudah. Meski demikian, kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi aturan tersebut masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu pada banyak kasus, 99 persen laka lantas biasanya diawali dari adanya pelanggaran lalu lintas.

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan Siswa-Siswi SMA N 1 Lubuk basung bisa menyadari pentingnya budaya tertib berlalu lintas untuk keselamatan bersama. Termasuk di antaranya adalah kelengkapan berkendara, seperti perlengkapan keamanan dan surat-surat kendaraan.Ungkap Era Oktaviadi, S.H.

Selain itu Babinsa Kodim 0304/Agam Sertu Hambali juga menjelaskan kepada Siswa-siswi SMA N 1 Lubuk basung Agar mematuhi aturan Lalulintas dan jangan kebut-kebutan atau Ugal-ugalan karena bisa membahayakan nyawa kita sendiri, Tegas Hambali.(**).