Oleh Ir. H. Izzah Istiqamah

(Praktisi Pendidikan) 


"Didiklah mereka dengan adab dan ajarkan kepada mereka”. (Ali bin Abi Thalib ra). 


Ponorogo (beritajatim.com) – Lokasi video mesum muda-mudi memang terjadi di area wisata Telaga Ngebel. Hal itu berdasarkan hasil penyelidikan Polsek Ngebel. Meski sudah diketahui lokasinya, tetapi petugas kepolisian masih belum mengetahui kedua pelaku yang beradegan mesum di siang hari tersebut. Kejadian memalukan remaja Ponorogo sebagai kota santri ini bukan hal yang baru. Di waktu yang lain diberitakan puluhan remaja hamil sebelum menikah. Ponorogo sebagai kota kecil pun tidak luput sasaran kurban kerusakan sistem sekuler demokrasi. 


Dinas pendidikan yang bekerja sama dengan Polres Ponorogo sudah mengadakan seminar remaja di hotel Amaris, tentang pentingnya hidup sehat, bahaya merokok dan pergaulan bebas. Namun sampai saat ini kerusakan demi kerusakan remaja masih terus berjalan. 


Jika kota kecil Ponorogo sebagai kota santri yang posisinya di pinggiran saja mayoritas remaja rusak akibat tidak diatur oleh aturan Islam, bagaimana dengan kondisi generasi bangsa di puluhan kota-kota besar? 


Islam adalah Rahmat bagi Seluruh Alam


Allah Swt. telah menyiapkan seperangkat aturan untuk mencetak anak generasi bangsa sehingga menjadi manusia yang bertakwa. 


Untuk mewujudkan semua itu, Islam menetapkan bahwa negara wajib menyediakan pendidikan yang baik dan berkualitas secara gratis untuk seluruh rakyat daulah. Daulah Islamiyah wajib menyiapkan sarana dan prasarana sebagai fasilitas pendidikan. Membangun gedung-gedung sekolah, kampus, menyiapkan buku-buku pelajaran, laboratorium untuk keperluan pendidikan dan riset, serta memberikan tunjangan penghidupan yang layak baik bagi para pengajar maupun kepada para pelajar. Dengan dukungan sistem Islam khususnya Sistem Ekonomi Islam maka hal itu akan sangat mudah direalisasikan.


Melengkapi semua itu, Islam juga mewajibkan para orang tua untuk mendidik anak dengan pendidikan Islam yang terbaik. Orang tua wajib menyuruh mereka menaati Allah, melarang mereka bermaksiat kepada Allah, mengurus mereka sesuai perintah Allah, menyuruh dan membantu mereka atasnya. Orang tua juga harus menasehati anaknya jika melihat anaknya melakukan kemaksiatan kepada Allah Swt. 


Dengan sistem pendidikan Islam akan dilahirkan generasi yang beriman, bertakwa dan berkepribadian Islam sekaligus menguasai sains dan teknologi, pintar dan terampil. Generasi Islam akan senantiasa memperhatikan kondisi umat, terus menerus berusaha memperbaiki umat dan mewujudkan kebaikan dan perbaikan di tengah umat dalam segala aspek kehidupan.

Allah berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka." (QS. at-Tahrim [66]: 6).

 
Top