Khilafah is The Real Solution


Oleh Yulia Putbuha, S.Pd.I


Konflik Palestina kembali membara, hal ini bukan kali pertama terjadi. Konflik Palestina telah terjadi berabad-abad lamanya bahkan sebelum negara Israel didirikan. Banyak pihak yang mempertanyakan mengapa konflik ini tak kunjung usai? Selain itu, tak ada negara muslim yang mampu berkutik untuk membela Palestina secara militer termasuk Indonesia.

Konflik Palestina telah memakan banyak korban. Wanita dan anak- anak meregang nyawa, sementara ribuan kaum muslim di sana kehilangan tempat tinggal. Kubu Palestina pun terus melakukan perlawanan guna membalas kebrutalan Israel. Di tengah situasi yang kian memanas tersebut, Israel mengumumkan gencatan senjata. 

Ironisnya, Israel kembali berulah dengan membuat ketegangan di Yerusalem Timur. Polisi Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa dan menembakkan gas air mata ke arah warga Palestina setelah salat Jum'at. (Cnbcindonesia.com, 22/05/2021).

Jelas sudah, gencatan senjata yang diusulkan berbagai pemimpin dunia Islam tak menjadi solusi permasalahan Palestina. Hal ini menegaskan tiadanya pembelaan sempurna terhadap saudara musim Palestina, membiarkan zionis berlindung dan memulihkan kekuatan dibalik istilah gencatan senjata dan perdamaian.

Palestina Wajib Dibela

Perlu diketahui oleh umat, bahwa di Palestina terdapat Masjid Al-Aqsha yang merupakan warisan yang wajib kita jaga selamanya. Tak hanya itu, ada banyak keutamaan yang terdapat di Negara Palestina sebagai bagian dari Negeri Syam. Di antara keutamaannya adalah:

Pertama, Masjid Al-Aqsha adalah kiblat pertama kaum muslimin.

Kedua, tempat mi'raj Nabi Muhammad. Dimana ini merupakan suatu peristiwa penting bagi umat Islam.

Ketiga, Masjid Al-Aqsha adalah tempat yang dianjurkan untuk dikunjungi selain masjid Nabawi dan masjid Haram.

Keempat, Syam adalah negeri para Nabi dan Rasul. Syam merupakan tempat tinggal para Nabi, mulai dari Nabi Ibrahim yang hijrah ke Syam, Nabi Luth, Nabi Ya’qub, Nabi Musa, Nabi Isa serta Nabl lainnya dan tanda-tanda kenabian Nabi Muhammad juga ditemukan di salah satu kota di Negeri Syam, yakni Bashar.

Kelima, pahala ketika salat di Masjid Al-Aqsha akan mendapat pahala setara 1000 kali salat di tempat lain.

Sesungguhnya Maimunah, pembantu Nabi saw., pernah berkata, “Wahai Nabi Allah, berilah kami fatwa tentang Baitul Maqdis.” Rasulullah menjawab, “Bumi tempat bertebaran dan tempat berkumpul. Datangilah ia. Lalu salatlah di dalamnya karena sesungguhnya salat di dalamnya seperti seribu kali salat di tempat lain.” (HR. Ahmad).

Keenam, ada keberkahan yang Rasulullah do'akan untuk wilayah Syam (Palestina, Suriyah, Yordania dan Lebanon). Di antaranya, surah al-A’raaf [7]: 137, al-Israa` [17]: 1, al-Anbiyaa` [21] 71 dan 81).

Ketujuh, Malaikat membentangkan sayapnya bagi penduduk Syam yang di antaranya adalah Palestina. Berikut pujian Rasulullah saw. pada negeri Syam.

“Keberuntungan bagi penduduk Syam,” Kami bertanya, “Karena apa, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Karena para malaikat membentangkan sayap-sayapnya kepada mereka (penduduk Syam).” (HR. at-Tirmidzi).

Alasan inilah yang menyebabkan Israel ingin menguasai Palestina karena banyak sekali keutamaan di dalamnya. Banyaknya keutamaan itu juga mengharuskan seluruh kaum muslimin membela Palestina. Karenanya, permasalahan Palestina saat ini bukan hanya sekadar permasalahan kemanusiaan yang bisa terselesaikan dengan kecaman dan bantuan berupa materi semata. 

Khilafah, Solusi Permasalahan Palestina 

Permasalahan utama dari konflik Palestina adalah bercokolnya zionis Yahudi yang sekarang menempati bagian dari negeri Palestina dengan mendirikan negara Israel. Ironisnya Negara Israel diakui oleh dunia termasuk oleh negeri-negeri muslim.

Kaum Yahudi tidak akan pernah membiarkan negeri Palestina damai sebelum kaum muslimin mengikuti keyakinan mereka. Mereka akan terus mengusik kaum muslimin. Hal tersebut telah diabadikan dalam Al-Qur'an.

Allah Swt. berfirman: 

“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan (pernah) senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka…” (QS. al-Baqarah: 120)

Saat ini zionis Yahudi tampil dengan pongah karena kuatnya dukungan materi serta politik dari negara adidaya. 

Oleh sebab itu, butuh kekuatan dari umat Islam baik secara politik maupun militer. 

Secara politik, umat harus bersatu dan tampil dengan kekuatan yang pantas menghadapi Yahudi laknatullah. Institusi agung itu bernama Khilafah. 

Khilafah akan melindungi Palestina dari kejahatan zionis Yahudi. Khilafah juga yang akan mengirimkan pasukan militer untuk berjihad di sana, hingga Palestina terbebas dari penjajahan. Inilah solusi konkret yang diberikan oleh Islam. Karenanya mari bersama berjuang demi tegaknya khilafah ala minhajin nubuwah, the real solution for Palestina. Wallahu a'lam bishshawab.