5 Amalan Menjemput Lailatul Qadar


Oleh Layli Hawa 


Tidak terasa bulan Ramadan telah sampai pada puncaknya, yaitu 10 malam terakhir yang menjadi momen khusus bagi umat muslim. Dimana pada malam-malam tersebut terbelah menjadi 2 kubu. Kubu pertama adalah orang-orang yang sibuk mempersiapkan diri menyambut hari raya dan mulai meninggalkan amalan tarawih dan sunnah lainnya.

Dan kubu kedua adalah mereka yang disibukkan dengan semakin mendekat kepada Allah dan memperbanyak amalan khusus setiap siang malamnya. Karena mereka menyadari di 10 malam terakhir inilah detik-detik lailatul qadar menghampiri bagi siapa saja yang menantikannya. 

Namun apa sajakah ibadah-ibadah yang harus dilakukan di malam tersebut? 

1. Membaca Al-Qur'an 

Malam lailatul qadar adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an, maka dari itu umat Islam dianjurkan memperbanyak membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan, terkhusus pada malam 10 terakhir. 

2. Memperbanyak ibadah-ibadah sunnah

Ibadah sunnah pada malam lailatul qadar yang pernah dilakukan Rasulullah adalah mendirikan salat sunah di malam hari seperti tarawih, witir, tahajud, hajat dan lainnya.

Hal ini sesuai dengan penuturan istri Nabi Muhammad, Aisyah ra. 

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا دخل العشر احيا الليل وايقظ اهله وشد المئزر

"Apabila Rasulullah saw. memasuki malam sepuluh terakhir bulan Ramadan, beliau beribadah dengan sungguh-sungguh serta membangunkan anggota keluarganya."

3. I'tikaf 

I'tikaf adalah ibadah yang dilakukan dengan berdiam di dalam masjid dengan niat karena Allah. Melaksanakan I'tikaf juga perlu dibarengi dengan rangkaian ibadah lainnya seperti banyak membaca selawat serta salat dan membaca ayat suci Al-Qur'an. 

Namun di masa pandemi, tentu ibadah kita terbatas untuk melaksanakan i'tikaf, maka untuk tetap membuat suasana i'tikaf bisa dilakukan di rumah bersama anggota keluarga. 

4. Bersedekah

Di antara kelengkapan amalan-amalan sunnah yang dilakukan, sedekah pada bulan Ramadan juga dianjurkan Rasulullah saw. Terutama kepada fakir miskin dan anak yatim. Dan diniatkan semua lillahi ta'ala.

5. Perbanyak berzikir dan memohon ampunan Allah 

Amalan malam lailatul qadar lainnya dapat dilakukan dengan memperbanyak zikir sambil terus mengingat Allah, disertai memohon ampunan.

Pasalnya, salah satu keutamaan dari lailatul qadar adalah ada banyak malaikat turun ke bumi dan senantiasa mengaminkan setiap doa yang dipanjatkan umat Islam di malam tersebut. 

Salah satu do'a afdholnya adalah: 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka 'afwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni.

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha memberikan maaf dan Engkau suka memberikan maaf, karenanya maafkanlah aku.

Itulah amalan-amalan yang bisa kita lakukan dalam menjemput lailatul qadar. Sekalipun Allah Swt. merahasiakan waktu datangnya malam lailatul qadar. Oleh karena itu, umat Islam harus berlomba-lomba untuk mendapatkan keistimewaan malam lailatul qadar bahkan semenjak dimulainya bulan Ramadan. 

Semoga Allah mudahkan kita untuk bisa meraih keutamaan lailatul qadar dan bisa menjumpai Ramadan berikutnya. []LH