Terorisme Bukan Ajaran Islam


Oleh Titis Bella Nuraini

(Member Sekolah Srikandi, Siswi VIII SMPN 01 Rowokele)


Apa yang terlintas di pikiran kalian jika mendengar kata terorisme? Ya, tentu saja banyak dari kalian yang berpikiran bahwa terorisme itu sangat erat kaitan nya dengan umat dan agama Islam. Subhanallah. Sungguh pikiran kalian yang seperti itu sangat salah besar! Terorisme itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan umat ataupun agama Islam. Tahu nggak sih dengan kalian berpikiran bahwa terorisme itu erat sekali hubungannya dengan umat ataupun agama Islam, apalagi nih kalian yang beragama Islam juga berpikir seperti itu, miris banget tahu, kalian secara tidak sadar sudah menghancurkan kehormatan agama & umat Islam itu sendiri. Na'uzubillah.

Terorisme itu merupakan suatu pemahaman, yang berarti sebuah tindakan kekerasan yang menimbulkan kerusakan, ketakutan dan rasa teror kepada masyarakat  sekitarnya. So, nggak ada hubungannya sama sekali dengan umat dan agama Islam. Agama Islam itu adalah agama yang penuh kasih sayang, kedamaian, dan penuh kebahagiaan. Allah nggak mungkin menyuruh hamba-hamba-Nya berbuat kerusakan di muka bumi ini, yang sudah pasti dapat menimbulkan kerugian yang besar. Sebagaimana firman Allah Swt.:

وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ أَشْيَاءَهُمْ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

"Dan janganlah kamu merugikan manusia dengan mengurangi hak-haknya dan janganlah membuat kerusakan di muka bumi." (QS. as-Syuara : 183)

Orang muslim yang bercadar belum tentu mereka teroris. Orang-orang teroris itu adalah orang-orang yang mempunyai agama yang aneh menurutku. Masa iya kata mereka dengan melakukan tindakan pemboman seperti itu mereka sebut dengan jihad, dan mereka yakin bahwa mereka akan masuk ke surga atas tindakan mereka yang merugikan seperti itu. miris banget ya jika ada pemahaman seperti itu. Astagfirullah.

Padahal Allah sudah menjelaskannya dalam Al-Qur'an bahwa orang-orang yang bisa masuk surga ialah orang-orang yang berjihad di jalan Allah. Apakah tindakan pemboman seperti itu termasuk tindakan jihad di jalan Allah? Haha bukan seperti itu kawan! Masa iya tindakan merugikan seperti itu layak disebut dengan jihad? Astagfirullah.

فَٱسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ أَنِّى لَآ أُضِيعُ عَمَلَ عَٰمِلٍ مِّنكُم مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ ۖ بَعْضُكُم مِّنۢ بَعْضٍ ۖ فَٱلَّذِينَ هَاجَرُوا۟ وَأُخْرِجُوا۟ مِن دِيَٰرِهِمْ وَأُوذُوا۟ فِى سَبِيلِى وَقَٰتَلُوا۟ وَقُتِلُوا۟ لَأُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّـَٔاتِهِمْ وَلَأُدْخِلَنَّهُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ ثَوَابًا مِّنْ عِندِ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عِندَهُۥ حُسْنُ ٱلثَّوَابِ 

"Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Kuhapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik." (QS. Ali 'Imran: 95)

"Terus kita harus gimana dong? Nanti kalau kita bercadar dikira teroris, mending nggak usah bercadar aja". No! Jangan berpikiran seperti itu ya! Untukmu muslimah yang Masyaallah sudah bercadar, tetap selalu istikamah ya! Nggak usah dengerin orang-orang yang bilang kamu ninja-lah, teroris-lah, ups! Buang jauh-jauh hinaan itu. Cukup do'a kan saja orang-orang yang seperti itu ya ukhti.

Dan untukmu para remaja yang masih terus memperbaiki diri, jangan pernah takut dengan hinaan yang seperti itu ya! Tetap semangat dalam memperbaiki dirimu, Allah selalu bersamamu. Hijrah itu memang berat, tapi ada yang lebih berat dari itu, apa? istikamah nya. So, jangan sampai kamu menjadi down dengan kamu dibilang teroris lah, sok alim lah, dan lain sebagainya. Justru hinaan mereka itulah yang akan menambah kekuatan & kesabaranmu dalam berhijrah & mempertahankan keistikamahanmu. Tetap selalu berbuat baik ya sahabat! Allah suka dengan orang-orang yang berbuat kebaikan!

تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

"Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS. al-A’raf: 56)

Tetap semangat memahami Islam kafah ya sahabat. Prasangka dan segala ujaran negatif bagi umat Islam dan ajaran Islam, kita buang jauh-jauh. Kita fokus saja menjadi pribadi yang saleh dan salehah dengan cerdas  memahami segala masalah sesuai dengan tuntunan Islam ya. Keep Istikamah!