Oleh : Rahayu K. , S.H. 

Pemerhati Umat dari Komunitas Perempuan Hijrah Sorowako


Indonesia tanah airku, Negeri elok amat kucinta. Negeri dengan limpahan sumber daya alam yang sangat menyilaukan mata. Allah SWT telah memberikan semua itu kepada kita agar kita sebagai hambaNya bisa mengelola dan memanfaatkannya dengan baik dan benar sehingga bisa memenuhi hajat hidup seluruh rakyatnya. 

Namun, mengapa bangsa ini menjadi bangsa yang miskin, banyak rakyatnya yang masih menderita, masih harus mengimpor bahan pangan, pengangguran makin meningkat, masih banyak yang menjadi pembantu di luar negeri sementara tenaga kerja asing justru banyak yang bekerja di negeri ini dan menikmati limpahan rizki disini.


Sungguh sangat menyayat hati. Belum lagi banyaknya kejahatan. Rakyat gelisah dan bingung harus mengadu kemana.

Disisi lain, masih banyak penguasa korup yang hidup dengan mewah dan yang justru melanggar sumpah jabatannya sendiri. Sungguh sebuah ironi. Mereka melupakan nasib rakyatnya yang menderita hanya untuk kesenangan pribadi dan keluarganya saja. 


Semua ini terjadi karena para penguasa dan pemimpin kita tidak memahami untuk apa mereka hidup di dunia ini. Seharusnya kita manusia hidup untuk menjalankan semua aturan-aturan yang Allah buat. Aturan syariah Islam, bukan untuk kapitalisme yang dibuat oleh manusia yang serba terbatas dan lemah. Allah SWT telah menciptakan kita berikut dengan aturan sebagaimana yang ditegaskan dalam QS. Al Ahzab (33) : 36,” Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata”.

Sudah seharusnya kaum Muslim baik di Indonesia maupun diseluruh dunia memahami bahwa hanya dengan menerapkan syariah Islam-lah negeri ini dan negeri-negeri Islam lainnya mampu bangkit disegala aspek kehidupan mulai dari aspek ekonomi, sosial sampai politik. Sejarah telah membuktikan bahwa selama 13 abad lebih Islam memimpin dunia menjamin kesejahteraan bagi seluruh rakyat.


Islam mewajibkan pemimpin untuk mengurus umatnya karena ia akan dimintai pertanggungjawaban atas hal itu. Sebab seorang pemimpin adalah pelayan bagi rakyatnya.


Bangkitlah negeriku dengan menjalankan hukum-hukum syariah Allah. Allahu Akbar!

 
Top