Mencintai Al-Qur'an sebagai Pedoman Hidup


Oleh Desta Alfia

(Member Sekolah Srikandi)


Al-Qur'an adalah pedoman bagi kehidupan umat manusia.

Al-Qur'an merupakan kitab suci dari Allah yang diturunkan atau diwahyukan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril, lalu dijadikan sebagai pedoman hidup bagi umat muslim, baik hidup di dunia maupun hidup di akhirat.

Oleh karena itu, jangan sampai kita berpaling dari Al-Qur'an. Jangan pernah bosan untuk terus membaca Al-Qur'an, untuk terus belajar, menulis, serta menghafalnya. 

Ada salah satu hadis yang berbunyi: Dari Aisyah, Rasulullah bersabda, "Orang yang ahli dalam Al-Qur'an akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang yang terbata-bata membaca Al-Qur'an sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali." (HR. Al-Bukhari, Nasa'i, Muslim, Abu Daud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah)

Tetapi walaupun umat Islam sudah mengetahui bahwa Al-Qur'an merupakan pedoman hidup, namun tak sedikitpun yang meninggalkannya, malas membacanya, mempelajarinya, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan banyak sekarang ini Al-Qur'an hanya dijadikan sebagai pajangan di lemari saja. Padahal solusi apa pun dari permasalahan hidup sudah ada di dalamnya.

Sudah sampai manakah kecintaan kita kepada Al-Qur'an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup?

Manusia merupakan hamba Allah, maka sudah sewajarnya manusia mendapatkan petunjuk langsung dari-Nya dalam menjalani kehidupan ini. Untuk itu, Allah telah menurunkan Al-Qur'an sebagai pedoman dan pembimbing manusia agar mencapai keberhasilan di dunia dan di akhirat. Sebagaimana di dalam QS. al-Baqarah ayat 2, Allah berfirman, "Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa." Jadi berdasarkan firman Allah tersebut, tidaklah masuk akal apabila manusia tidak berpedoman kepada Al-Qur'an. Sebab, hanya Allah lah yang mengetahui segalanya tentang manusia dan bumi yang diciptakan-Nya.

Al-Qur'an adalah pedoman hidup yang mampu memberikan kebahagiaan bagi umat manusia, khususnya umat Islam. Karena itu, sudah seharusnya manusia mencintai Al-Qur'an. 

Ada 5M, cara untuk mencintai Al-Qur'an yaitu: Membaca, Memahami, Menadaburi, Menghafalkan, dan Mengamalkan. Al-Qur'an memiliki peran penting dalam menuntun umat manusia. Mengawali kecintaan terhadap Al-Qur'an bisa dilakukan dengan memulai membacanya.

"Jadikanlah Al-Qur'an sebagai pedoman kita, maka Al-Qur'an akan menjadi sahabat kita."