Oleh : Arsy Novianty

(Member Akademi Menulis Kreatif, Aktivis Remaja Muslimah)


Guru merupakan sosok yang sangat penting untuk kemajuan generasi bangsa ini, tapi bagaimana jadinya jika dalam suatu daerah harus kekurangan guru? Apa jadinya generasi penerus bangsa ini?

Dilansir dari media Pojokbandung.com, Soreang – 29 Januari 2021. Hingga tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bandung kekurangan ribuan tenaga pendidik baik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sungguh sangat disayangkan sekali di Kabupaten Bandung kekurangan tenaga pendidik, karena dalam kondisi pandemi seperti ini peran guru sangat penting, guru merupakan pondasi awal untuk mewujudkan generasi yang gemilang, apa karena gaji yang minim sehingga banyak yang memutuskan untuk memilih pekerjaan lain dibandingkan guru.

Memang dalam sistem kapitalisme saat ini, peran guru masih kurang diapresiasi bahkan peran guru sampai tidak dihargai. Terbukti dengan masih banyaknya guru yang bergaji minim, tidak sesuai dengan tugas yang diembannya. Sehingga, mungkin banyak masyarakat yang enggan untuk berprofesi sebagai guru karena tanggung jawab dan upahnya tak sebanding. 

Berbeda halnya dalam kejayaan Islam terdahulu pengajar benar-benar menciptakan generasi yang gemilang, benar-benar berkualitas dalam segi Akidah, akhlak keilmuan, sampai banyak mencetus para hafidz, hadis, dan ilmuwan, tak kalah menarik pemerintah saat itu tak tanggung-tanggung dalam memberikan gaji guru yang sangat besar, beda halnya dengan kondisi dan sistem kapitalisme sekarang sangat susah mendapatkan kesejahteraan, gaji guru pun minim.

Harus kita ketahui banyak kemuliaan dari seorang guru salah satunya ada dalam sebuah hadis. Sebagai orang yang merintis dan mengajak kebaikan, guru dan orang berilmu juga berhak mendapat balasan sebagaimana yang digambarkan dalam sabda Rasulullah saw., “Siapa saja yang menempuh jalan kebaikan, maka dia mendapat pahalanya, sekaligus pahala orang yang turut mengikutinya, tanpa mengurangi pahala  mereka sedikit pun,” (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Masyaallah banyak sekali keutamaan dari seorang guru, maka sudah seharusnya pemerintah lebih memperhatikan untuk kesejahteraan para guru. Agar banyak kalangan muda yang beralih pada pencetak generasi dibandingkan menjadi anak buah dari para penjajah.

Wallahu a'lam bishshawab.

 
Top