Awas Penularan Virus Corona Melalui Udara


Oleh : Nur Rahmawati, S.H.

Penulis dan Praktisi pendidikan


Lembaga penelitian Center for Cellular and Molecular Biology (CCMB) dan CSIR-Institute of Microbial Technology (IMTech) yang berbasis di Hyderabad, India telah merilis temuan tentang sifat SARS-CoV-2 yang ditularkan lewat udara (airborne). Proyek penelitian ini bekerja sama dengan enam rumah sakit, tiga di daerah Hyderabad dan tiga lainnya di Chandigarh. (4/1).

Bahayanya penularan virus corona kini tidak hanya melalui droplet dan kontak langsung. Penularan tak kalah bahayanya ditemukan bisa melalui udara. Bayangkan jika kita tidak menggunakan masker, maka dengan mudah tertular virus tersebut, ditambah jika daya tahan tubuh lemah.

Oleh karenanya, diupayakan untuk tetap taat protokol kesehatan dengan diimbangi menjaga daya tahan tubuh dengan gaya hidup sehat, seperti olah raga, makan minuman yang sehat serta mampu membiasakan diri dengan gaya hidup yang baru, sebagaimana anjuran pemerintah.

Begitulah, sistem Islam memberi solusi komprehensif dan sistematis dalam penanganan dan pencegahan pandemi. Sehingga masyarakat merasa aman dan tidak khawatir dengan keadaan yang melanda negeri.