Oleh : Fatin Suryono

Pegiat Dakwah


Sudah menjadi tradisi setiap akhir tahun kaum Muslim di berbagai tempat menggelar agenda muhasabah (introspeksi diri). Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan muhasabah diselenggarakan secara  online yang diisi dengan acara zikir, doa dan taushiyah. 


Muhasabah tentu sangat penting seiring perjalanan waktu banyaknya terjadi musibah yang menimpa umat, apakah keadaan ini sesuai dengan aturan Allah Swt.? Ataukah justru merupakan akumulasi dari kemungkaran dan kemaksiatan diri dan umat? Oleh karena itu hendaklah muhasabah dilakukan di setiap saat agar umat bisa menilai apakah perbuatannya selaras dengan hukum- hukum Allah Swt., ataukah justru ia membuat hukum sendiri untuk menjustifikasi perbuatannya yang bakal mencelakakan dirinya kelak di akhirat. Ia menyangka telah bekerja keras di dunia untuk kebaikan, ternyatà justru kesesatan yang selama ini ia kerjakan. 

Allah Swt. berfirman:


"Katakanlah, 'Maukah kalian Aku beritahu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? Mereka adalah orang-orang yang sia-sia perbuatannya di dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka telah berbuat sebaik-baiknya'." (TQS. al-Kahfi (18):103-104)


Orang-orang yang mengharapkan derajat takwa tentu akan selalu terbiasa melakukan muhasabah. Mengintrospeksi diri agar tidak merasa puas dengan amal yg ia kerjakan dan juga tidak meremehkan kemaksiatan.  


Muhasabah memiliki banyak kebaikan:


Pertama, menyadari dosa-dosa diri sehingga sehingga memunculkan keinginan melakukan perbaikan dan bertobat kepada Allah Swt.


Kedua, memunculkan rasa takut kepada Allah  Swt. sehingga mencegah diri dari sikap melalaikan hukum-hukum-Nya dan menelantarkan amanah.


Ketiga, mendorong diri untuk selalu taat kepada Allah Swt. dan meninggalkan kemungkaran.


Selain melakukan muhasabah atas dosa-dosa diri, sehingga kita juga muhasabah atas dosa-dosa kolektif yaitu dosa-dosa ketika kita tidak menerapkan hukum-hukum Allah SWt, karena menelantarkan hukum Allah adalah dosa besar.

 
Top