Oleh : Umi Kulsum, M.Ag

Pengasuh Majelis Taklim dan Pengelola Yayasan Anak Yatim Yajamiu


الّلهُمَّ صَلّ   عَلَى سَيِّدِنَا    مُحَمَّدٍ وَعَلَىِ آلِهِ وَصَحْبِهِ

أَجْمَعْيْنَ

Alhamdulillah segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Swt. yang telah mempertemukan dengan sahabat-sahabat yang saleh.

Sungguh bersahabat dengan orang-orang yang saleh adalah nikmat yang sangat besar. 

Punya sahabat yang saleh adalah rezeki yang besar.

Umar bin Khattab berkata,

ما أعطي العبد بعد الإسلام نعمة خيراً من أخ صالح فإذا وجد أحدكم وداً من أخيه فليتمسك به

“Tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara (semuslim) yang saleh."

"Apabila engkau dapati salah seorang sahabat yang saleh, maka peganglah erat-erat." (Quutul Qulub)

Memiliki sahabat yang saleh adalah dambaan semua orang, karena persahabatanya akan langsung terbawa ke akhirat.

Sabda Rasul saw.:

"Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik jiran di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap jirannya.” (HR. al-Hakim)

Sahabat yang baik adalah sahabat yang saling mencintai karena Allah. Saling menyayangi karena Allah dan akan bersama-sama di surga.

Sabda Rasul saw.:

“Di sekitar Arsy-Nya ada menara-menara dari cahaya, di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya, wajah-wajah mereka pun bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada, hingga para nabi dan syuhada pun iri kepada mereka.” Ketika para sahabat bertanya, Rasulullah menjawab, ‘Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah, dan saling berkunjung karena Allah.” (HR. Tirmidzi)

Teman yang baik adalah teman yang selalu mengingatkan kita akan ketaatan kepada Allah. Teman yang saling menasihati sahabat, yang setia baik dalam keadaan suka dan duka.

Sabda Rasul saw.:

“Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-geriknya teringat mati. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya.” (HR. Hakim)

Hidup kita ini akan berhubungan dengan siapa kita bergaul, dengan siapa kita bersahabat. Maka hal itulah keberadaan kita.

Sabda Rasul saw.:

“Seseorang itu tergantung pada agama sahabatnya, maka perhatikanlah salah seorang dari kamu kepada siapa dia bersahabat.” (HR. Abu Daud)

Semoga kita dipertemukan dengan teman-teman yang baik.

Semoga kita berada di lingkungan sahabat-sahabat yang di ridai Allah.

Semoga kita diberikan kesehatan, kekuatan, keselamatan dan rezeki yang luas dan berkah.

ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚَ

"Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

 
Top