Oleh : Durrotul hikmah 
(Aktivis Dakwah Remaja)

Bicara mengenai inspirasi nih ya kira kira yang jadi inspirasi kalian tuh apaan sih? Jadi pengen tahu deh apakah Inspiradi kalian tuh Para Idol K-Pop, oppa-oppa atau bahkan si dia nih pasti paham kan ya si dia itu siapa? pastinya yang dijadikan sebagai Inspirasi itu patut untuk kita tiru baik itu sikap tangguh,cerdas, ibadahnya atau lain sebagainya. Bukan malah Si oppa- oppa korea .Makanya pandai pandai mencari Inspirasi untuk kita nih khususnya remaja.

Pada Tahu Muhammad Al Fatih nggak? remaja mesti tahu nih siapa beliau, yup betul banget beliau pemuda yang tangguh dan berhasil menaklukan  Konstantinopel diusia mudanya. Luar biasa bukan? Pemuda inilah yang pantas untuk dijadikan inspirasi kita ya. Sama nih yang akhir akhir ini tuh viral ada yang tahu? itu loh Surat Disdik Babel Perintahkan Siswa Baca Buku Felix Siauw. Seperti yang dilansir dari viva.co.id (2/10/2020) Surat bernomor 420 / 11.09.F DISDIK tertanggal 30 September 2020 itu ditujukan kepada seluruh Kepala Sekolah SMA / SMK se-Provinsi Bangka Belitung yang ditandatangani Muhammad Soleh selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung.Dalam surat yang viral tersebut, diinstruksikan kepada siswa untuk membaca buku 'Muhammad Al Fatih 1453' penulis Felix Siauw. Selanjutnya, siswa masing-masing merangkum isi buku tersebut dengan gaya bahasa masing-masing peserta didik. 

Buku karangan Ustadz Felix Siauw yang berjudul Muhammad Al Fatih ini memang sangat bagus banget untuk dibaca karna akan menambah wawasan kita nih ayo sudah baca belum buku nya? Namun nih ternyata surat itu tuh tak bertahan lama karna adanya kritikan dari berbagai pihak sehingga Babel  menyatakan "Di masa pandemi ini kita memberi siswa tugas untuk membaca guna meningkatkan kemampuan mereka. Cuma buku itu saja kita masukan karena melihat perjuangan Muhamamd Al Fatih yang sejak kecil sudah hafiz dan perjuangan dia merebut Konstatinopel (Turki). Setelah mendapat informasi penulisnya pentolan HTI langsung kita batalkan," katanya.(babel-inews-id. 2/10/2020)

Anggota DPR RI dari PDIP Ahmad Basarah yang mengkritik dia menganggap wajar saja jika kontroversi muncul karena banyak orang dengan gampang menduga buku itu merupakan bagian dari propaganda terselubung pengusung ideologi transnasional. Basarah menilai instruksi itu kontroversial karena penulis buku tersebut merupakan tokoh organisasi berideologi khilafah yang telah dibubarkan oleh Pemerintah. Sehingga, instruksinya dianggap bertentangan dengan ideologi Pancasila. (Portal-Islam.id,4/10/2020))
 
Nama Muhammad Al-Fatih memang  tercatat dalam sejarah dunia dan terus dikenang hingga kini. Bagaimana tidak, pada tahun 1453, saat masih berusia 21 tahun, ia telah berhasil memimpin pasukan Turki Utsmani merebut kota Konstantinopel dari Kekaisaran Byzantium. Padahal pada masa itu kota Konstantinopel dikenal sebagai kota dengan benteng legendaris yang sangat sulit ditembus. Namun Muhammad Al Fatih mampu membuktikan bisyarah Rasullulah Saw pada hadisnya yang tertera“Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (HR Ahmad). Pada jumadil awal 857 H bertepatan dengan 29 Mei 1453, Al Fatih berhasil menaklukkan Konstantinopel melewati perbuktian Galata membawa kapal-kapalnya. Bersama ribuan tentara menarik kapal-kapal melalui darat.

Memahami dari kisah Muhammad  Al- Fatih ini akan menginspirasi setiap muslim khususnya dikalangan remaja nih dan akan mengangkat mentalitas generasi menjadi bangsa yang unggul. Namun sayang pernyataan Ahmad Basarah sungguh menyesakkan, nyatanya pemerintah terus saja alergi terhadap sejarah. Kita flasback lagi  nih tentang pernyataan Wapres yang menjadikan korean wave sebagai inspirasi para remaja bukankah sosok yang luar biasa Muhammad Al-Fatih yang memiliki kepribadian pemberani dan cerdas lah yang patut untuk dijadikan inspirasi bukan malah oppa oppa korea.

Pelarangan terhadap ajaran Khilafah oleh pemerintah bukti pemicu sebagai Islamfobia. Buku-buku tak penting yang mengandung unsur porno justru bertengger dipasaran sedangkan buku yang penting dan sangat pantas untuk di baca khususnya dikalangan remaja eh malah bukunya dipersekusi. Selalu saja begitu dan begitu mereka terus terusan berupaya menghentikan perjuangan Islam.

Khilafah terus saja mereka jadikan sebagai bahan olok-olokan, padahal khilafah adalah ajaran mulia yang harus ditegakkan. Islamfobia terus dikembangkan oleh orang-orang Barat kepada negeri muslim, sehingga mereka juga dibuat elergi terhadap agamanya sendiri. Generasi kini mereka hancurkan pemikirannya melukai  sekulerisme, para pemuda terus diwarnai gaya orang orang Barat sehingga mereka pun ikut terjerumus didalamnya.

Maka dari itu carilah Inspirasi yang betul betul patut untuk kita teladani seperti Muhammad Al-Fatih yang sangat pantas untuk kita jadikan sebagai teladan karna sikap tangguh cerdas dan bertakwalah yang membawanya sampai menaklukan konstantinopel. 

Yuk kita isi waktu kita dengan berbagai bacaan bermanfaat yang semakin mendekatkan kita pada Allah, hingga mengubah kita menjadi sosok yang berkontribuzsi besar atas bangkitnya peradaban Islam. Muhammad Al Fatih adalah Inspirasiku. 
Wallahu allam bisshawab.
 
Top