Oleh : Satriani
(Mahasiswi Fak. Hukum USN Kolaka)

Film Dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN), film yang bernutrisi sungguh sangat mencerahkan mata hati dan pikiran  kaum muslimin dan kerinduan akan hadirnya sistem yang mendatangkan kebaikan bagi seluruh alam.

Khilafah yang merupakan ajaran Islam secara normatif di dalam Al-Qur'an dan Sunah sebagai sumber hukum dan sejarah yang merupakan objek bahwa jejak khilafah di Nusantara benar-benar ada.


Islam masuk ke Nusantara bukan hanya sekadar perdagangan. Namun, politik Islamlah sehingga cahaya Islam sampai ke Nusantara yang pada saat itu, Nusantara masih diselimuti dengan kegelapan.

Flim Jejak Khilafah di Nusantara merupakan bukti empiris yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademisi dan argumentasi yang kuat yang tidak dapat dibantahkan oleh akal sehat bahwa khilafah adalah ajaran Islam dan seyogyanya diterapkan oleh kaum muslimin.

Sayangnya masih ada sebagian mereka masih fobia dan alergi dengan khilafah, bahkan  mengatakan bahwa khilafah tidak ada hubungannya dengan Nusantara  dan ada pula yang mencoba menghentikan film JKDN, menghambat pemutaran film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN).

Inilah Pertarungan antara al-haq dan al-batil akan senantiasa ada. Namun al-haq, sebagaimana yang dijanjikan kepada Allah menjadi pemenang dan  Allah Swt. senantiasa bersama dengan orang-orang bertakwa. Allah berfirman :
"Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi," (QS. al-Fath [48] : 28)

Allah Swt. juga berfirman : "Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.” (QS. Yunus : 62-64)

Alhamdulillah dengan pertolongan Allah, film JKDN akhirnya dinonton oleh hampir semua lapisan masyarakat. Dan opini khilafah telah menjadi pembicaraan masyarakat negeri ini. Masyaallah.

Terlepas berbagai respon yang datang setelah menonton film tersebut, paling tidak kita mengetahui bagaimana geliat masyarakat Indonesia menyambut ide khilafah di tengah-tengah mereka. Sebagian orang bertanya-tanya tentang khilafah, ada juga yang meragukan bahkan tidak sedikit yang memperjuangkannya. Boleh jadi inilah penyaluran ghirah keislaman yang selama ini kerap tercederai di alam sekularisme seperti sekarang ini. Perjuangan umat Islam masih terus berlanjut, hingga Allah Swt. menetapkan takdirnya.

Wallahu a'lam bishshawab.
 
Top