Oleh : Santika
(Ibu Rumah Tangga, Pendidik Generasi)

Masih ingatkah dengan sebuah film berjudul keluarga cemara? Dalam film tersebut menceritakan sebuah keluarga yang sangat sederhana, akan tetapi selalu bahagia. Terdiri dari abah, ambu dan ketiga putrinya. Lalu apakah arti keluarga itu sendiri? Keluarga merupakan unit terkecil dalam kehidupan bermasyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal dalam suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan. (http://id.m.wikipedia.org)

Belakangan ini muncul pernyataan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo (detiknews,com), mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk menjalankan Aksi 8 (delapan) fungsi keluarga guna menghadapi pandemi virus Corona. 8 Aksi itu antara lain :

1. Fungsi agama, sebagai makhluk beriman agar tidak panik dalam menghadapi musibah, dan dengan kesalehannya bisa melaksanakan amalan untuk menjaga kesehatan, kebersihan dan saling membantu.

2. Fungsi sosial budaya, sebagai makhluk sosial dan budaya, berinteraksi dan beradaptasi dengan sesama, peduli dan cinta tanah air dengan bergotong-royong dengan menjalankan petunjuk pemerintah.

3. Fungsi bersemainya cinta dan kasih sayang, keluarga harus berempati dan ikut bertanggung jawab untuk tidak menjadi perantara penularan virus dan penyakit.

4. Fungsi perlindungan, menciptakan rasa aman dan nyaman serta terlindungi dari paparan virus penyakit, sikap tanggap terhadap ancaman dengan mengurangi aktivitas di keramaian dan jaga jarak dari orang-orang yang sedang batuk flu.

5. Fungsi reproduksi, sebagai kesinambungan generasi harus terjaga dari ancaman yang menurunkan kualitas kesehatan terutama anak balita, ibu hamil, dan lansia.

6. Fungsi pendidikan, membangun percaya diri, melalui interaksi keterdidikan, menyampaikan nilai, norma dan cara berkomunikasi yang sehat dan memastikan setiap anggota keluarga menjalankan etika batuk dengan menutup mulut atau menggunakan masker.

7. Fungsi ekonomi, tanamkan pola hidup hemat, menjaga dan memelihara kesehatan adalah manusia yang tahu betapa mahalnya biaya berobat.

8. Fungsi lingkungan, peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan bersama masyarakat sekitar membangun semangat gotong-royong agar terhindar dari ancaman virus.

Pertanyaannya, seberapa efektifkah program tersebut dalam menangkal virus Corona?

Keluarga merupakan benteng dasar yang harus kuat dan kokoh dalam mengatasi semua problem kehidupan pada saat sekarang ini, salah satunya dalam menghadapi virus Corona. Namun keluarga tidak mungkin akan menjadi benteng yang kokoh tanpa ada penunjang dari berbagai lini kehidupan lainnya, terutama dukungan penguasa. Pandemi Corona ini akan teratasi dengan baik jika adanya kesinambungan antara para penguasa dan rakyatnya dengan mengetahui apa hak dan kewajibannya masing-masing, disertai dengan sistem yang mendukung keduanya. Tentunya sudah kita sepakati dan pahami bersama bahwasanya sistem Islamlah yang menjadi solusi paripurna dalam memecahkan problema hidup, karena dengan kembali kepada pemahaman Islam yang sempurna (kafah) setiap individu dan penguasa kembali kepada fungsinya masing-masing dan tidak akan lalai terhadap semua kewajibannya, pastilah keluarga yang tangguh akan tercipta dan berfungsi sebagai garda terdepan terbentuknya peradaban.

Wallahu a'lam bishshawab.
 
Top