Oleh : Sumiati
(Praktisi Pendidikan dan Member Akademi Menulis Kreatif )

Dilansir oleh Tempo.com pada tanggal 12/07/2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan 66 persen dari kasus positif Covid-19 baru di Ibu Kota merupakan orang tanpa gejala atau OTG. Para OTG itu ditemukan berdasarkan pelacakan kasus secara aktif atau active case finding yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan, baik rumah sakit, klinik, maupun puskesmas.

“Dia tidak sadar bahwa sudah terekspos. Artinya kalau saja mereka tidak kami datangi, tim puskesmas tidak melakukan testing, barangkali yang bersangkutan tidak pernah merasa bahwa positif, bahwa dia membawa virus Covid-19,” ujar Anies dalam video yang ditayangkan di akun Youtube Pemprov DKI Jakarta pada Ahad, 12 Juli 2020. “Berbeda kalau positif yang kita temukan adalah yang sakit, yang datang ke Rumah Sakit, datang ke puskesmas."

Anies Baswedan mengingatkan warga DKI Jakarta agar lebih disiplin lagi dalam menjaga diri dari paparan Covid-19. Selama sepekan ke belakang Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat tiga kali rekor tertinggi penambahan kasus positif Covid-19 baru. Penambahan hari ini menjadi yang paling  tinggi dengan 404 kasus positif Covid-19 baru.

Bertambahnya orang yang terpapar Covid -19, makin miris. Terlebih OTG semakin membuat rakyat bingung. Temuan baru terkait penyebaran virus Covid -19 lewat udara, semestinya diiringi tindakan nyata pemerintah, untuk memastikan putus rantai penularan. Sementara pemerintah menginformasikan temuan PBB, bahwa ada peluang virus menyebar lewat udara. Tidak ada kebijakan antisipasi terhadap pekerja kantoran, pegawai BUMN, bahkan PNS. Semua dibiarkan begitu saja. Lagi-lagi penguasa abai atas pengurusan rakyatnya.

Pemerintah semestinya tidak menganggap sepele kasus OTG. Terutama dari kalangan milenial, di era pelonggaran. Hal ini bisa menjadi sumber ledakan. Inilah watak miris kapitalis. Tak ada tanggung jawab yang nyata untuk yang dipimpinnya. Saat ini, umat Islam harus kembali kepada sistem Islam. Sistem yang memanusiakan manusia. Sehingga setiap permasalahan yang ada, akan dituntaskan oleh aturan dari Sang Khaliq. Yang tercantum dalam Al-Qur’an dan As-Sunah.

Wallahu a'lam bishshawab.
 
Top