Oleh: Nabila Zidane
Forum Muslimah Peduli Generasi dan Peradaban

Perlindungan dan penjagaan kehormatan perempuan bahkan rakyat secara keseluruhan oleh negara Islam telah banyak dibuktikan dalam sejarah pemerintahan Islam. Dengan diterapkannya seluruh aturan Islam bagi seluruh rakyat, maka penjagaan kehormatan perempuan bahkan seluruh umat akan terjamin. Bukti-bukti tentang tingginya tingkat kesejahteraan masyarakat dibawah naungan negara Islam pun telah banyak dituliskan.


Perlindungan terhadap kaum perempuan telah menorehkan tinta emas dalam sejarah yang tidak akan terlupakan sepanjang zaman. tidak dijumpai pada masa daulah Islam berbagai tindak kekerasan dan pelecehan, apalagi kepada perempuan. Ketika seorang muslimah berbelanja di pasar Bani Qoinuqo seorang Yahudi mengikat ujung pakaiannya tanpa dia ketahui sehingga ketika berdiri aurat perempuan tersebut tersingkap diiringi derai tawa orang-orang Yahudi di sekitarnya .


Perempuan tersebut berteriak kemudian salah seorang sahabat datang menolong dan langsung membunuh pelakunya. Namun kemudian orang-orang Yahudi mengeroyok dan membunuh sahabat tersebut.


Ketika berita ini sampai kepada Nabi Muhammad Saw. Beliau langsung mengumpulkan tentaranya. Pasukan Rasulullah Saw. mengepung mereka dengan rapat selama 15 hari, hingga akhirnya Bani Qoinuqo menyerah karena ketakutan.


Selanjutnya apa yang terjadi pada masa pemerintahan Al-Mu'tashim Billah. Berkaitan dengan pembelaan daulah Islam terhadap kehormatan perempuan. Ketika seorang perempuan menjerit di negeri Amuria karena dianiaya dan dia memanggil nama Al-Mu'tasim. Ceritanya didengar dan diperhatikan dengan serta-merta. Khalifah Al -Mutashim mengirim surat untuk raja Amuria.


"Dari Al-Mutashim Billah kepada raja Amuria, lepaskan wanita itu atau kamu akan berhadapan dengan pasukan yang kepalanya sudah di tempatmu sedang ekornya masih di negeriku mereka mencintai mati syahid seperti kalian menyukai khamr."


Singgasana raja Amuria bergetar ketika membaca surat itu, lalu perempuan itu pun segera dibebaskan kemudian Amuria ditaklukkan oleh tentara kaum Muslimin.


Demikianlah sekelumit sejarah kaum Muslim yang menunjukkan betapa Islam yang mereka terapkan ketika itu benar-benar membawa keberkahan dan ketinggian kehormatan bagi semua.


Daulah Islam benar-benar akan menjadi penjaga sekaligus pengatur dan pengurus setiap warga negaranya. Tentu saja semua ini tidak akan terwujud kecuali ketika Islam tegak dalam institusi yang menaunginya yaitu daulah khilafah Islamiyah.


Jelaslah sangat berbeda kondisi umat yang menerapkan sistem kapitalis dimana perempuan dibiarkan mengumbar auratnya bahkan eksploitasi harga diri mereka begitu  murah yang sesungguhnya justru menghinakan perempuan itu sendiri.


Sementara dalam sistem Islam, umat hidup dalam ketenangan dan rasa aman karena Khalifah akan memberikan perlindungan dan pertolongan kapan saja. Kaum perempuan sebagaimana kaum laki-laki keduanya berada dalam kemuliaan dengan melaksanakan seluruh aturan Allah Swt. dan rasulNya.


Namun sayang hari ini umat Islam tak memiliki negara yang bisa menerapkan hukum-hukum tersebut setelah lebih dari 95 tahun yang lalu dihancurkan oleh musuh-musuh Islam.

Wallahu a'lam bishshawab
 
Top