Oleh : Shahfiyah Andini Putri
(Pelajar SMPN 1 Parepare)

Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam merupakan teladan sempurna untuk kita. Beliau memiliki sifat yang begitu mulia,contohnya dalam berperilaku jujur, bahkan jauh sebelum diangkat menjadi nabi.

Hmm,tapi mengapa yah anak zaman sekarang seringkali berbohong? Apa penyebabnya?

Apakah kita berpikir? Anak muda zaman sekarang sering berbohong karena menghindari sesuatu yang tidak menyenangkan, seperti menutupi rasa takut atau hukuman.

Sehingga ada beberapa penyebab anak muda menjadikan berbohong sebagai solusi tepat masalahnya, mari kita bahas satu persatu.

Pertama, Takut dihukum, tak sedikit anak muda yang rela mengucapkan kebohongan karena saat berbuat kesalahan mereka tak ingin dihukum.

Kedua, takut mendapat nilai buruk, mungkin hampir di setiap kondisi ulangan ada saja yang mau berbuat curang, alasannya takut nilai jelek ataupun tidak memuaskan untuk orang tua, padahal nilai kejujuran itu lebih mahal ya teman teman.

Ketiga, ingin diperhatikan Yang ini miris ya teman-teman, hanya karena ingin menjadi pusat perhatian banyak loh yang sampai berbohong lah, membuat berita palsu lah, yang semua itu benar benar jauh dari nilai kejujuran.

Memangnya sulitkah berkata jujur? Jawabannya pasti tidak, meskipun kebenaran terkadang pahit tapi mengatakan kebenaran alias berperilaku jujur merupakan suatu proses untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, apalagi hukuman yang diterima dari suatu kesalahan merupakan sarana tepat untuk meperbaiki diri bukan?

Buat kalian yang masih bingung cara agar bisa berkata jujur lakukan saja hal-hal ini, yaitu berani menghadapi risiko, bertanggung jawab atas segala perbuatan, bentuk citra baik bagi diri, jangan menganggap diri selalu benar, kebohongan itu bukan penyelamat, dan selalu ingat bahwa akan selalu ada balasan atas apa yang kita perbuat.

Ingat ya teman-teman, orang yang tidak jujur tentu akan mendapatkan dosa, tidak dipercayai orang lagi, sering gelisah atau tidak tenang, dan dilanda ketakutan terus menerus. Iih serem ya.

Memperhatikan semua yang penulis rangkum, kenapa kita tidak berkata jujur saja?

Apalagi dalam beberapa ayat, Allah Ta’ala telah memerintahkan untuk berlaku jujur. Di antaranya pada firman Allah Ta’ala,

‎يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. at-Taubah : 119)

Maka dari itu sudah selayaknya kita harus berkata jujur dan jangan pernah bohong lagi yah. Semoga kita selalu berada dalam lindungan-Nya.

Wallahu a'lam bishshawab.
 
Top