Oleh : Ummu Ziyad
Ibu Rumah Tangga dan Pendidik Generasi 

Kebijakan mengakhiri BDR pada tahun ajaran baru pada wilayah yang masih berada di zona hijau, dengan menggunakan protokol yang ketat, seperti menggunakan masker, social distancing, dan rajin mencuci tangan menimbulkan kebingungan juga pada lembaga pendidikan yang akan melaksanakannya.

Dalam sistem kapitalis demokrasi saat ini, negara dan masyarakat menghadapi polemik yang masih belum terpecahkan permasalahannya. Angka penderita Covid-19 masih terus mengalami kenaikan dan belum menunjukan penurunan.  Pemberlakuan PSBB yang diterapkan, masih terjadi pelanggaran di tengah-tengah masyarakat.  Negara juga  terlalu perhitungan, karena anggaran negara yang menurut pandangan mereka tidak mampu mencukupi kebutuhan warga yang terdampak seperti PHK, berkurangnya pendapatan masyarakat,  tidak mampu kerja lagi,  dan sebagainya. Hal ini  menimbulkan permasalahan yang seakan sulit untuk dicari pemecahannya.  Sehingga kemudian ada rencana Belajar di sekolah akan diadakan lagi di zona hijau.

Bagaimana seharusnya memecahkan persoalan wabah ini? Pemecahan dalam sistem kapitalis, adalah negara tidak menanggung kebutuhan primer warga yang terdampak dan sulitnya mengatasi masyarakat yang tidak taat aturan PSBB.

Islam solusi pemecahan problematika umat, termasuk masalah wabah, Islam punya solusinya. Islam agama yang sempurna mengatur berbagai hal dari akidah, ibadah, akhlak, makanan, pakaian, muamalah, sistem pemerintahan, sistem pendidikan, ekonomi, sanksi dan sebagainya ada, semua tinggal manusia melaksanakan. Allah sudah berjanji dalam Al-Qur'an:

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya." (TQS. al-A'raf, 96)

Sehingga, Ayo kembali pada sistem Islam in sya Allah segala problematika semua ada solusinya. Allahuakbar.
 
Top