Oleh : Sri Gita Wahyuti A. Md
Aktivis Pergerakan Muslimah dan Member AMK 

Berbeda dengan umat-umat yang lain di dunia, Umat Islam adalah umat yang satu. Memeluk akidah yang sama yakni akidah Islam. Meyakini bahwa tidak ada Illah yang patut disembah dan ditaati kecuali Allah Swt. dan meyakini bahwa Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt.

Umat Islam memiliki hukum yang sama, yang berasal dari Allah Swt. untuk mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, yakni syariat Islam. Hukum ini wajib diterapkan dalam kehidupan individu, masyarakat dan negara.

Selain hukum Islam adalah hukum kufur dan jahiliah, haram diambil dan diterapkan.

Dengan keimanan tersebut, umat Islam akan menolak Sistem Demokrasi karena sistem ini  memberi ruang kepada manusia untuk membuat hukum. Dengan keimanan tersebut, umat Islam tidak akan menjadikan Montesque, Jhon Lock, Adam Smith, Karl Marx dan tokoh non muslim lainnya sebagai panutan.

Umat Islam wajib menolak sekularisme yakni akidah yang memisahkan agama dan negara. Agama hanya boleh mengatur masalah ibadah dan masalah individu. Jelas ini bertolak belakang dengan syariah yang mengatur seluruh aspek kehidupan seperti mengatur sistem pemerintahan, sistem ekonomi, sistem politik, sistem pendidikan, sistem pergaulan dan lainnya. Karena itu menerima sekularisme sama dengan menyingkirkan sebagian besar syariah Islam.

Umat Islam adalah umat yang Allah Swt. perintahkan untuk bersatu dalam naungan suatu negara. Yakni Daulah Khilafah Islamiyah yang dipimpin oleh seorang Khalifah. Dalam Daulah Khilafah, akidah Islam adalah asasnya sehingga hukum dan undang-undang yang diberlakukan jelas terpancar dari akidah Islam. Dengan Khilafah, syariah Islam dapat diterapkan secara kaffah . Sebaliknya, tanpa Khilafah akan banyak hukum Islam terabaikan.

Namun sangat disayangkan, sejak 28 Rajab 1342 H atau bertepatan dengan 3 Maret 1924 umat Islam tidak lagi memiliki Khilafah. Sejak saat itu umat ini kehilangan jatidiri sebagai umat yang satu. Nasibnya sangat mengenaskan. Kesatuan wilayah dikerat-kerat menjadi negara-negara kecil dan lemah. Kekayaan dijarah. Darah pun ditumpahkan dengan mudah. Akidah dan syariah dilecehkan dan disingkirkan dari kehidupan.

Bagi umat Islam, mengembalikan tegaknya Khilafah dalam kehidupan adalah kewajiban.
Umat Islam wajib berjuang bersungguh-sungguh menjadikan perjuangan menegakkan Khilafah sebagai agenda utama. Karena umat Islam adalah Khayru Ummah dan gelar ini hanya bisa disandang jika umat Islam mengimani Allah Swt., menerapkan syariah-Nya dan memperjuangkan agama-Nya.

Untuk itu wahai Umat, segeralah bangkit dan bergabung dalam barisan perjuangan ini bersama orang-orang yang memperjuangkan Syariah dan Khilafah. Berat, tapi akan meringankan hisab kita di akhirat. Sulit, tapi bukan mustahil karena Allah Swt. pasti akan memenangkan agama-Nya atas seluruh agama dan ideologi walaupun orang-orang musyrik membencinya.

Wallahu a'lam bishshawwab
 
Top