Ramadan, Mo

                      Sri Gita Wahyuti A.Md
Aktivis Pergerakan Muslimah dan Member AMK

Bulan suci Ramadan, bulan yang selalu dinanti oleh kaum Muslimin seluruh dunia sudah berada di depan mata. Pada bulan tersebut umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh, sesuai firman Allah Swt. dalam Al-Quran surat al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa, dimana di dalamnya Allah Swt. menurunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia. Allah Swt. berfirman dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).”

Di bulan ini, malaikat akan memintakan ampunan bagi orang yang berpuasa selama berpuasa hingga berbuka. Allah Swt. juga akan memperbesar pahala, melipatgandakan ganjaran, dan membuka pintu-pintu kebaikan bagi orang-orang yang menginginkannya.

Walaupun bulan Ramadan tahun 1441 Hijriyah ini umat Islam akan berpuasa bersamaan dengan masih mewabahnya Virus Corona. Dimana pada Ramadan tahun ini kita dihimbau untuk tidak melakukan salat tarawih berjamaah di masjid dan menghindari berkumpul untuk bertadarus bersama. Namun itu bukanlah alasan untuk tidak menyambutnya dengan gembira dan persiapan yang maksimal. Dalam rangka lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. tentunya dibutuhkan persiapan iman, ilmu dan amal sholeh.

Hal paling utama yang bisa mendatangkan kecintaan Allah Swt. bagi seorang Muslim adalah melakukan semua kewajiban, termasuk di dalamnya meninggalkan semua keharaman.

Di antara kewajiban terpenting sekaligus terbesar adalah menegakkan hukum-hukum Allah Swt. dalam seluruh aspek kehidupan, baik pada tataran individu, sosial maupun Negara. Hanya melalui institusi negaralah hukum-hukum Islam dalam seluruh aspek kehidupan bisa benar-benar ditegakkan.

Oleh karena itu, hendaknya seluruh kaum Muslimin menjadikan Ramadhan kali ini sebagai momentum untuk mengubur sekularisme dan menggantinya dengan menerapkan Syariah Islam secara kaffah dalam seluruh aspek kehidupan melalui institusi negara yakni Khilafah Rasyidah ala minhajin Nubbuwah.

Wallahua'lam bishshawwab.
 
Top