Oleh : Nurhasanah
     Praktisi pendidikan dan Member AMK

Di tengah goncangan wabah pandemi Covid-19 Ramadan salah satu obat bagi umat muslim untuk berharap  wabah menghilang dari alam semesta ini. Penuh pengharapan agar segala ibadah di bulan ini menjadi wasilah dikabulkan segala doa-doa.

Muslim sejati senantiasa menyambut bulan Ramadan dengan penuh kebahagiaan, tamu agung yang dinantikan telah datang maka setiap muslim mempersiapkan segalanya untuk menyambut datangnya bulan yang selalu dirindukan, berbagai persiapan dilakukan untuk menunjang keberlangsungan bulan Ramadan, bulan yang berpeluang untuk bertaubat membenahi serta membersihkan diri dari segala noda dosa sehingga diibaratkan kembali ke fitrah manusia yang sesungguhnya.

Ramadan bulan berkah bulan yang begitu mulia kesempatan bagi kita sebagai muslim untuk meraih ampunan, mendekatkan diri kepada yang Maha Pencipta  seluruh alam semesta.

Momentum merubah diri ke arah yang lebih baik menjalankan setiap sendi-sendi syariat agama. Saat kepasrahan secara total untuk terus berjuang di tengah himpitan kehidupan dan berjuang terus menerus dalam menegakkan hukum syariat Islam ini.

Tujuan ibadah puasa Ramadan adalah membentuk kita menjadi orang yang bertakwa sementara salah satu karakter orang bertakwa yaitu seseorang selalu sibuk bersegera meraih ampunan Allah ta’ala dan surga seluas langit dan bumi.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Qs Al-Baqarah:183)

Puasa Ramadan merupakan bulan  terampuninya dosa-dosa sebagaimana hadis  dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه
"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

Momentum Ramadan menjadi salah satu titik tolak sebagai muslim untuk taat syariat dan memohon ampunan atas segala kemaksiatan secara individu maupun kolektif karena  tidak menerapkan syariat serta mengabaikan hukum Allah Swt .
Bulan Ramadan mendorong kita menjadi insan yang lebih baik berbangsa yang taat akan syariat-Nya.

"Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…” (Qs.Al-Baqarah: 185)

Semoga dengan segala keyakinan dengan taubat dan ketaatan akan menghantarkan kita kepada solusi tuntas atas segala permaslahan dunia serta membawa obat bagi pandemi Covid-19. Berharap segala musibah wabah virus Covid-19 ini segera berakhir dan berakhirnya juga sistem Kapitalisme yang sudah banyak menyengsarakan rakyat dan menelan korban jiwa.


Wallahu a’lam bishshawab.
 
Top